Kata Sambutan

27 May

Sambutan Kepala
SMP Negeri 1 Koba

Diposting oleh Ramson Turnip, S.Si |

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang akan terus berkembang seiring perkembangan teknologi digital . Keberadaan perpustakaan sekolah secara online  menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dihindarkan lagi pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini dikarenakan sistem pembelajaran kyang mengharuskan Belajar Dari Rumah(BDR), oleh kerena itu buku-buku berbasis digital merupakan salah satu jawaban dalam mendukung pembelajaran online. Dengan adanya suatu hukum yang kuat yaitu Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Pasal 35 dan 45 (1), serta Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Adanya undang-undang mengenai perpustakaan sekolah ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk memajukan sektor pendidikan di Indonesia.

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana penunjang kegiatan pendidikan yang wajib dimiliki oleh satuan pendidikan, hal ini telah diatur dalam Permendiknas nomor 24 tahun 2007. SMP Negeri 1 Koba merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Bangka Tengah yang sudah memiliki perpustakaan yang cukup memadai secara fisik, akan tetapi perpustakaan secara fisik ini tidak bisa dijangkau oleh peserta didik ketika pembelajaran harus dilakukan dari rumah.

Melalui kebijakan dan program unggulan Kepala SMP Negeri 1 Koba yaitu ibu Hana Meilani, S.P, menginstruksikan untuk mulai berbenah khususnya untuk pelayanan terhadap peserta didik dalam hal memfasilitasi materi-materi pendukung proses pembelajaran dari rumah

Walaupun masih cukup sederhana untuk membawa perpustakaan ke dunia maya yaitu perpustkaan online yang berisfat digital, sehingga materi-materi dan buku-buku bisa diakses dari rumah secara online.  E-Library “Mutiara Ilmu” itulah perpustkaan online yang sedang dikembangkan terus untuk bisa menjawab setiap kebutuhan peserta didik dalam mendukung pembelajaran dari rumah. E-Library “Mutiara Ilmu” masih sangat jauh dari sempurna dan masih terus akan dikembangkan khususnya supaya SMP Negeri 1 Koba “PACAK” menuju sekolah era Digitalisasi.

 

Tim Pengembang IT SMP Negeri 1 Koba